Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

'Corona': Film Pertama Yang Mengangkat Isu Covid-19

"Memanfaatkan situasi", dua kata yang terlintas di otak sutradara asal Kanada ini; Mostafa Keshfari, membuat sebuah film indie dengan genre thriller yang berjudul "Corona". Tidak tanggung-tanggung, ia juga merilis filmnya di tahun ini. Apakah salah? Tentu tidak, ia melakukan syuting sebelum covid-19 tumbuh menjadi pandemi global, pun bahkan ia tak menyangka bakal seperti ini. Film ini telah selesai syuting di AS januari lalu. Menghabiskan 2 minggu untuk menulis skrip, dan cuma butuh 10 hari untuk mengatur set yang mana hanya berlokasi di lift dengan kru kurang lebih 25 orang. "Ultra low budget", ujar sang sutradara. Trailernya juga sudah muncul di Youtube, hanya tinggal menunggu filmnya untuk dirilis — meski sebelumnya hanya ditujukan untuk festival, tapi tak munutup kemungkinan 'streaming service' adalah opsi terbaik dalam keaadan seperti ini. 

Bercerita tentang mengenai 6 orang yang tidak saling mengenali terjebak dalam lift. Pasca krisis covid-19, mereka mulai mencurigai salah satu orang yang merupakan pendatang dari Tiongkok, sebagai dalang yang telah menyebarkan virus corona. "Ide itu muncul ketika aku sedang di dalam lift dan membaca berita bahwa turis asal Tiongkok diserang. Jadi aku pikir akan membuat film ini dalam lift" ujar sutradara dilansir Hollywood Reporter

Dalam filmnya, sutradara akan mengangkat isu rasisme/diskriminasi terhadap warga Tiongkok dan turis yang berasal dari Asia. Sebuah langkah nan cerdas menilik dari kejadian saat ini, dimana karena pandemi Covid-19, turis Tiongkok mendapatkan diskriminasi. "Itu dikenal sebagai virus China, tapi semua orang dapat terjangkit, jadi bukan hanya masalah satu ras. Sekarang, semua manusia harus bersatu untuk mengalahkan virus tersebut," dilansir The Hollywood Reporter. Ia lanjutkan, "Ketakutan atas kemungkinan kehilangan orang yang dicintai juga menambah unsur pembuatan film."

Sebuah film independen dengan mengangkat isu rasisme yang kental dalam situasi saat ini. Sebuah ide cemerlang dan langkah yang cepat dari sang sutradara. Membuat film yang akan menjadi film pertama dalam mengangkat kisah covid-19, tentunya akan menghebohkan dunia pada saat ditayangkan. Apakah kalian juga penasaran dengan film ini? Alih-alih menanti film ini, alangkah baiknya marilah kita berharap dan berdoa agar pandemi global ini mereda terlebih dahulu .. 



Edo Ricky
Edo Ricky Tergila-gila dengan film sejak mulai bisa berfikir.

Post a Comment for "'Corona': Film Pertama Yang Mengangkat Isu Covid-19"